Categories
News

Contoh Passive Voice dan 4 Cara Mengubahnya

Tentu saja kamu mengerti bukan apa itu kalimat aktif dan kalimat pasif? Kedua jenis kalimat tersebut selalu dipelajari di sekolah.

Kedua jenis kalimat tersebut juga dipelajari dalam bahasa Inggris yang disebut sebagai passive voice dan active voice. Apakah perbedaan keduanya? Kalimat aktif digunakan untuk mengatakan sebuah subjek yang melakukan pekerjaan dalam sebuah kalimat.

Baca Juga: 4 Jenis Interior Rumah

Sedangkan untuk kalimat pasif sendiri memiliki fungsi dimana kejadian yang berlangsung ditujukan kepada subjek. Jadi kata kerja yang digunakan diarahkan kepada subjek bukan subjek yang mengerjakan sesuatu.

Apakah kita harus menghindari menggunakan kalimat pasif? Alasan mengapa active voice sering digunakan dalam penulisan adalah lebih jelas, langsung dan masuk akal. Namun bukan berarti kita harus menghindari penggunaan kalimat pasif.

Dalam penulisan kalimat pasif digunakan untuk penulis ingin ada tujuan di akhir kalimat. Subjek yang melakukan pekerjaan bukanlah sesuatu yang penting. Bisa juga digunakan untuk menyembunyikan identitas dalam sebuah cerita atau kalimat.

4 Cara Mengubah Kalimat Aktif Menjadi Kalimat Pasif Dalam Bahasa Inggris

Kini saatnya untuk mempejari bagaimana cara untuk mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif dalam bahasa Inggris. Berikut ini beberapa hal penting yang wajib diperhatikan ketika akan melakukan perubahan bentuk kalimat.

1. Hanya perlu mengubah posisi antara subjek kalimat dan objeknya. Pada kalimat aktif subjek berada di awal kalimat sedangkan untuk kalimat pasif subjek berada di akhir kalimat.

2. Menggunakan kata ‘by’ pada kalimat pasif sebelum subjek. Selain kata ‘by’ bisa juga diletakan kata ‘with’ atau ‘or’ tergantung dengan bentuk kalimat yang ingin dibuat.

3. Selalu memperhatikan kata kerja yang digunakan. Pada active voice sentence, verb atau kata kerja yang digunakan bisa berbagai macam. Sedangkan untuk passive voice, kata kerja yang digunakan adalah bentuk ketiga atau verb 3.

4. Rumus umum yang digunakan untuk membentuk kalimat aktif adalah Subjek + verb + Objek dan menyesuaikan dengan tense. Sedangkan untuk kalimat pasif menggunakan rumus umum Objek + verb 3 + by + Subjek.

Contoh Passive Voice yang Dirubah Menjadi Kalimat Passive

Kini setelah memahami bagaimana ciri atau cara mengubah active voice menjadi passive tinggal menerapkannya dalam kalimat. Berikut ini contoh kalimat passive yang dirubah dari kalimat aktif beserta artinya:

Active voice : He walked me to my home (Dia mengantarkanku sampai ke rumah)
Passive voice : I was walked home by him (Aku telah diantarkan pulan olehnya)

Active voice : Angel will do the home work this night (Angel akan menyelesaikan pekerjaan rumah malam ini)
Passive voice : The home work will be done by Angel this night (Pekerjaan rumah akan diselesaikan oleh Angel malam ini)

Active voice : My mother is cleaning the house every morning (Ibuku selalu membersihkan rumah setiap hari)
Passive voice : The house is cleaned by my mother every morning (Rumah selalu dibersihkan oleh ibuku setiap hari)

Active voice : The manager is making all the decoration in this room (Manajer itu membuat semua dekorasinya di ruangan ini)
Passive voice : All decoration in this room area being made by the manager (Semua derkorasi dalam ruangan ini dibuat oleh menejer itu)

Active voice : The teacher viewed the test paper (Guru telah melihat kertas ujian)
Passive voice : The test paper was viewed by the teacher (Kertas ujian itu telah dilihat oleh guru)

Sekianlah pembahasan mengenai contoh passive voice dan cara merubahnya ke kalimat yang lain dan jika Anda masih belum mengerti maka ada baiknya Anda belajar bahasa Inggris dengan Kami caranya adalah dengan menklik baner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *