Categories
News

OJK Dorong Perusahaan Terapkan ERM

Penerapan man a j e m e n r i s i k o a t a u Enterprise Risk Management (ERM) pada perusahaan diharapkan bisa dijalankan secara efektif guna meningkatkan value added bagi perusahaan. Pasalnya, ERM merupakan kebutuhan dasar bagi kegiatan dunia usaha sehingga bisa berdaya saing yang tinggi, yang pada akhirnya meningkatkan shareholders wealth. Di Indonesia, Deputi Direktur Kepengurusan dan Produk Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Monang Munthe mengatakan, telah banyak perusahaan yang telah menerapkan manajemen risiko dengan baik sehingga perusahaan tersebut bisa menjadi benchmarking bagi perusahaan lainnya.

“Dengan adanya bukti empiris berdasarkan penelitian diharapkan mereka menerapkan ERM dengan tidak terpaksa. Saya ingin mengajak agar jangan menerapkan erm hanya karena diwajibkan. Mereka harus benar-benar menyadari bahwa dengan menerapkan ERM, daya saing dan kinerja mereka akan meningkat. Dengan demikian akan lebih mudah untuk mengembangkan budaya sadar risiko,” ujarnya, Jumat (3/8). Adapun manfaat implementasi ERM secara konsisten, antara lain meningkatkan ruang lingkup pengelolaan risiko, meningkatkan ketahanan organisasi, meningkatkan kualitas tata kelola organisasi yang baik (good corporate governance), alokasi biaya dan manfaat lebih seimbang, mengurangi konsekuensi tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan dan sudah diperkirakan sebelumnya, dan meningkatkan kepercayaan para stakeholder.

“Ada penelitian dari 120 perusahaan listed di Malaysia, pengaruhnya signifikan terhadap profit margin dan pengurangan biaya pajak. Jadi, jangan takut untuk menerapkan ERM, apalagi sudah ada peraturan yang dikeluarkan oleh OJK dan sudah banyak bukubuku soal ERM,” kata Monang. Ketua Penyelenggara Indonesia Enterprise Risk Management Award II 2018 (IERMA II 2018) Ray Irlisa Rachmadiana mengatakan, proses manajemen risiko bila dilakukan dengan sistematis, konsisten, dengan bahasa yang sama, akan menghasilkan suatu irama manajemen risiko yang memberikan nilai tambah pada setiap rangkaian proses bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *