Categories
Tekno

Tahap Pembuatan Website pada Pengisian Konten ala NET89 Bag2

Tahap Pembuatan Website pada Pengisian Konten ala NET89

Untuk membuat halaman baru, masuk ke menu Content >Pages, lalu klik tombol Create Page. Anda akan dialihkan ke halaman form untuk membuat halaman baru. Sama seperti CMS pada umumnya, Anda dapat mengisi kolom-kolom form yang ada disitu untuk membuat halaman. Bila konten sudah ditulis, Anda tinggal menekan tombol Save Changes untuk menyimpan halaman. Sama seperti membuat halaman baru, Anda juga dapat membuat post blog baru dengan cara serupa.

Pilih menu Content > Posts, lalu klik tombol Create Post. Anda akan dialihkan ke halaman form untuk membuat post blog baru. Anda dapat mengisikan konten disitu dan mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan post blog Anda. Lalu bagaimana dengan format penulisan kontennya? Berbeda dengan CMS pada umumnya yang menggunakan WYSIWYG editor untuk menuliskan konten, PusakaCMS menggunakan format markdown untuk penulisan kontennya. Markdown adalah alat untuk mengkonversikan teks ke dalam format HTML dalam rangka memudahkan penulisan konten.

Markdown menggunakan format penulisan tertentu yang mudah dibaca dan nantinya diubah menjadi format HTML tanpa kita harus bergelut secara langsung dengan tag-tag HTML. Meski demikian, penulisan dengan menggunakan format HTML di PusakaCMS tetap dapat dilakukan. Contoh tulisan dengan format Markdown: # Ini Adalah Contoh Konten dengan Format Markdown Penulisan tanpa atribut apapun akan dikonversikan menjadi paragraf.

Ini adalah contoh list: 1. ini list pertama 2. ini list kedua 3. Ini list ketiga Ini contoh `inline code` dan di bawah ini adalah contoh block code: “` function misalkan(){ return “contoh block code”; } “` Dan terakhir ini contoh quote: > Anda tidak akan pernah menemukan waktu untuk segalanya. >Jika Anda menginginkan waktu, Anda harus menyediakannya. Tulisan dengan format Markdown di atas nantinya akan ditampilkan oleh PusakaCMS dengan mengkonvertnya terlebih dahulu menjadi HTML, seperti ini: <h1>Ini Adalah Contoh Konten dengan Format Markdown</h1> <p>Penulisan tanpa atribut apapun akan dikonversikan menjadi paragraf.</p> <p>Ini adalah contoh list:</p> <ol> <li>ini list pertama</li> <li>ini list kedua</li> <li>Ini list ketiga</li> </ol><p>Ini contoh <code>inline code</code> dan di bawah ini adalah contoh block code:</p> <pre><code> function misalkan(){ return “contoh block code”; } </code></pre> <p>Dan terakhir ini contoh quote:</p> <blockquote> <p>Anda tidak akan pernah menemukan waktu untuk segalanya. Jika Anda menginginkan waktu, Anda harus menyediakannya.</p> </blockquote> Sehingga browser akan menampilkan kontennya seperti gambar di bawah ini.

Dengan format Markdown kita dapat lebih fokus dalam mengembangkan konten tulisan dan penampilan konten akan disesuaikan dengan style standar yang sudah diset oleh tema. Lebih lengkap tentang format penulisan Markdown bisa dilihat di alamat berikut https://github.com/adam-p/markdown-here/ wiki/Markdown-Cheatsheet.

Sumber : net89.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *