Categories
Blog

Tips buat kamu yang suka memadukan menu dalam nasi box

Nasi box atau biasa disebut nasi kotak Jakarta adalah sebuah hidangan yang di bungkus dengan karton berbentuk kotak. Didalam kotak karton terdapat berbagai macam hidangan.

Nasi box sudah menjadi alternatif paket praktis untuk memesan makanan dengan cara instan.

Salah satu alasan kenapa nasi box begitu digemari di kalangan masyarakat karena harga nya yang sangat terjangkau serta kemasannya praktis, hemat dan menunya bermacam-macam.

Nasi box bisa di sama kan dengan prasmanan. Kita bisa bebas memilih lauk dan makanan lainnya namun dengan ukuran dan porsi yang kecil. Tapi satu porsi nasi box bisa buat sobat kenyang juga lohh.

Dalam memadukan menu-menu dalam nasi box, itu tidak bisa asal atau sembarangan dan banyak aspek-aspek yang mesti kita perhatikan.

Selain aspek harga dari masing-masing makanan (untuk menghindari kerugian), masih banyak lagi aspek-aspek lainnya. Yuk simak penjelasan berikut.

Perhatikan Ini Sebelum Memadukan Menu Nasi Box

1. Kamu harus tau jenis makanan apa yang akan dimasak

Seperti yang kita tau, Indonesia memiliki banyak daerah yang mempunyai cita rasa dan budaya makanan yang berbeda-beda.

Seperti masakan daerah jawa yang biasanya dominan rasa manis atau seperti masakan padang yang kebanyakan memiliki rasa pedas yang mendominasi.

Jika kamu kurang puas mengeksplorasi citarasa lokal, kamu bisa memilih cita rasa negara lain seperti masakan korea, arab dan negara-negara barat.

Maksud dari menentukan jenis makanan ini untuk memudahkan kamu dalam menemukan resep khusus dan mengeksplorasi jenis-jenis masakan dari berbagai daerah dan negara.

Tentukan dulu jenis masakan kamu sebelum lanjut ke tahap berikutnya.

2. Buat daftar lauk pauk yang akan dimasak

Contoh kita akan membuat masakan padang, kemudian sobat harus membuat list lauk yang populer yang berasal dari padang.

Seperti contohnya : rendang, ayam gulai dan lauk pauk lainnya. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan masakan lainnya.

Cari inspirasi dari semua makanan yang kamu anggap enak dan menarik.

3. Mengkelompokan beberapa menu berdasarkan dari bahan

Setelah mendapatkan daftar lauk, lalu dikumpulkan dan bagi sesuai bahan. Seperti bahan daging disatukan, sayur bersama sayuran dan tumisan bersama tumisan lainnya.

Setelah kamu kelompokkan, kamu harus melihat masing-masing nilai dari masakan tersebut. Misalkan daging adalah makaan yang berat maka bahan tersebut lebih cocok dihidangkan sebagai menu utama.

Lalu disusul dengan sayuran yang biasanya menjadi tambahan menu dan selalu terdapat dalam nasi kotak untuk menambah nilai gizi.

Sayuran disini tidak bisa menjadi menu pokok. Setelah itu kamu bisa tambahkan beberapa lauk lainnya dengan nilai yang lebih murah dari menu utama.

4. Susun menu yang telah kamu cocokan

Ketika kamu sudah menemukan perpaduan yang baik daribeberapa menu tersebut, kamu harus menyusun perpaduan menu berdasarkan kelompok. Misal dalam satu kotak telah kamu susun nasi, ayam goreng, sayur, dan mie bihun.

Gimana sobat, Begitu mudahnya memadupadankan menu-menu dalam catering nasi box. Semoga bermanfaat buat sobat yaa. Have a nice day.

Referensi: Filosofi.biz